PROFILE Senam Yama Indonesia

BADAN HUKUM

Padepokan Muyuk Liga Garuda Pancasila (sebelumnya bernama Padepokan Garuda Pancasila)

Berdiri tanggal 21 Juli 2007

Kantor pusat Jl. Cibiru No. 1 Kota Bandung

Akta Notaris

Nomor : 22, Tanggal 29 Maret 2008

Notaris : Dindin Saepudin, S.H.

Yayasan Yama Citra Indonesia

Akta Notaris No.: 4  Tanggal 9 Oktober 2009

Kantor : Jln. Setiabudi KM 09 RT 01 RW 06 No 10b. Sawahlega, Bandung-40143

No. Telp. : 0222008814

TENTANG SENAM YAMA INDONESIA

2condongkiriSenam Yama Indonesia adalah gerakan senam diciptakan oleh Guru Sastra Yama Dewa, berakar dari warisan nenek moyang gerakan kanuragan pencak silat dari Kutai, Kalimantan Timur dan Jawa Barat, diolah dan dikembangkan menjadi suatu gerakan silat untuk kesehatan dan pengobatan, menggunakan metode alamiah (gerakan olahraga), akan tetapi sarat dengan keyakinan dan kepercayaan pada energi ilahiah dari Yang Maha Kuasa, dan secara ilmiah dapat diterangkan sebagai suatu cara untuk  mengolah dan memberdayakan kekuatan dan kemampuan Energy Medicine  yang kita miliki.

Melalui Senam Yama Indonesia kita akan belajar bahwa tubuh terdiri dari pusat-pusat energi dan alur jalan energi yang diolah melalui gerakan-gerakan tetap, gerakan-gerakan dinamika antar permainan, tidak hanya dengan lain-lain energi, tapi juga dengan sel-sel, organ-organ, sistem imunitas, dan suasana hati.

Melalui Senam Yama Indonesia kita akan belajar  :

THERAPYMengolah energy medicine melalui latihan-latihan fisik dasar yang rutin untuk membangun dan memperoleh kekuatan pengobatan ;
Mempengaruhi aliran dari energi-energi yang diperoleh melalui sentuhan energi, pijatan-pijatan,  telusuran titik-titik atau alur-alur jalan energy spesifik, untuk mengatasi penyimpangan, ketidakseimbangan dan ketidakharmonisan medan energy tubuh;
Mengidentifikasi dan memberdayakan energi milik kita yang  memerlukan perhatian khusus.

PROFILE

PENDAHULUAN

Senam Yama Indonesia lahir sebagai hasil dari proses pencarian, penggalian dan pendalaman terhadap nilai-nilai luhur budaya Bangsa Indonesia, dari gerakan-gerakan Pencak Silat yang memiliki kekuatan dan manfaat bagi kesehatan dan pengobatan, serta dari nilai-nilai luhur yang terdapat pada Garuda Pancasila
Awalnya bernama Senam Kesehatan dan Pengobatan Padepokan Muyuk Liga Garuda Pancasila, akan tetapi pada perkembangannya untuk memudahkan dalam penyebaran dimasyarakat, namanya menjadi Senam Yama Indonesia, mengambil bagian nama dari Guru Besar Sastra Yama Dewa.
Dengan diperkenalkan, disosialisasikan dan disebarluaskan ke seluruh Indonesia, diharapkan Senam Yama Indonesia dapat memberi manfaat bagi Rakyat Indonesia, bahkan mungkin seluruh umat manusia, untuk hidup sehat dan bugar, terhindar dari berbagai penyakit, serta membantu mencegah atau mengobati berbagai penyakit yang sangat mematikan yaitu Cancer, HIV/AIDS, Stroke, dan sebagainya, serta bagi pecandu Narkoba.

VISI

Dalam rangka Pemberdayaan Sumberdaya Manusia yang telah menjadi issue global Negara Indonesia, maka Visi yang ditetapkan sebagai vocal point adalah :

Mencerdaskan Generasi Bangsa yang Nasionalis-Religius.

Menjunjung tinggi Nilai-nilai Sejarah serta menciptakan sejarah baru yang lebih baik.

Mewujudkan Peradaban Manusia Bermartabat, berbudi, menjadikannya yang terbaik dan terpuji atas kehendak Tuhan Yang Maha esa.

MISI

Meningkatkan derajat kesehatan Bangsa

Menciptakan persatuan dan kesatuan serta hubungan kerjasama di Indonesia dan  lingkungan Internasional

Menjadikan negara Indonesia sebagai sentral dunia

Dalam rangka memberikan kerangka untuk tingkat perencanaan yang lebih rinci, maka perlu ditetapkan tujuan yang dapat memberikan hasil akhir yang ingin dicapai. Disamping itu dengan penetapan tujuan organisasi  diharapkan dapat memberikan kejelasan tentang visi, misi dan isu-isu strategis. Dengan demikian tujuan yang ditetapkan adalah :

Mensinergikan Visi dan Misi bagi persatuan yang kompak dan utuh serta bagi   kemajuan pembangunan Sumberdaya Manusia secara keseluruhan.

Menjadi wadah untuk menyalurkan aspirasi, apresiasi dan partisipasi dalam mendukung Pembangunan Kesehatan Nasional.

Mengangkat derajat bangsa Indonesia di dunia Internasional melalui Senam Terapi Pengobatan.

TARGET

Menjadikan Senam Yama Indonesia sebagai salah satu jenis olahraga masyarakat yang disukai dan menjadi trend di masyarakat untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani secara paripurna

Menjadikan Senam Yama Indonesia sebagai salah satu pilihan upaya membantu pencegahan dan pengobatan terhadap berbagai penyakit yang merugikan dan mematikan seperti cancer, HIV/AIDS, stroke, dan para pecandu Narkoba.

Menjadikan Senam Yama Indonesia Go Internasional sebagai salah satu jenis olahraga kesehatan yang membanggakan di forum internasional karena berasal dari kekayaan dan nilai-nilai luhur Budaya Asli Indonesia

MANFAAT

Meningkatkan potensi Budaya dan Olahraga Tradisional Indonesia
Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
Mengupayakan lapangan pekerjaan berbasis Olahraga Tradisional   sebagai bina lanjut.
Berpartisipasi dalam pembangunan Sumberdaya Manusia yang   mandiri dalam kerangka Pembangunan Nasional negara   Indonesia.
kurikulum

PETUNJUK TEKNIS

PELAKSANAAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

SENAM YAMA INDONESIA

LATAR BELAKANG

Dalam rangka menghadapi persaingan potensi sumber daya manusia seiring dengan kemajuan zaman di era globalisasi yang serba modern dan serba canggih ini yang merupakan tuntutan bagi kita sebagai generasi bangsa, maka dari itu kita perlu mempersiapkan dan mencetak kader generasi bangsa yang sehat, kuat, terampil, cerdas, berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa, serta yang terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai.

Maka dengan mengadakan kegiatan belajar mengajar Senam Yama Indonesia mudah-mudahan merupakan salah satu jalan atau solusi terbaik juga ikut berperan serta dalam pembinaan mental dan fisik bagi kader generasi bangsa sehingga dapat menjadikan sumber daya manusia yang paripurna (siap, sanggup dan mampu).

Atas dasar itu maka untuk menanamkan, memupuk, serta menumbuhkembangkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara bagi kader generasi bangsa ini hendaknya sudah mulai diterapkan sejak usia dini, maka untuk kepentingan itu Senam Yama Indonesia bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Nasional akan memberikan kegiatan belajar mengajar melalui kegiatan Ekstra Kurikuler di sekolah mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK, sampai tingkat Perguruan Tinggi.

MAKSUD DAN TUJUAN

Senam Yama Indonesia adalah sebuah metode pengolahan energi untuk kesehatan yang berakar pada kesenian dan kebudayaan Indonesia yaitu beladiri Pencak Silat yang di dalamnya mengandung banyak unsur olahraga, kesenian, kebudayaan, dan kesehatan.

Maksud pembelajaran Senam Yama Indonesia di sekolah adalah untuk :

  1. Membangun mental dan fisik siswa
    anak2

    dengan harapan agar tetap sehat,karena di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat, yang merupakan salahsatu faktor penunjang siswa menjadi cerdas dan terampil.

  2. Menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kedisiplinan,kekeluargaan, berbangsa, dan bernegara.
  3. Mencegah siswa untuk melakukan hal-hal atau berperilaku yang kurang baik yang tidak sesuai dengan norma-norma atau undang-undang/peraturan yang berlaku, baik peraturan sekolah, pemerintah maupun agama.

Tujuannya adalah untuk :

Dapat mencetak kader bangsa yang sehat, kuat, cerdas dan terampil yang ditunjang oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga menjadi sumber daya manusia paripurna yang baik bahkan yang terbaik, yang berguna dan bermanfaat bagi dirinya sendiri, keluarga, bangsa, serta negara.

SASARAN

Para pelajar mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK, sampai tingkat Perguruan Tinggi sebagai kader bangsa yang akan melanjutkan cita-cita bangsanya ke arah yang lebih baik.

TEKNIK PELAKSANAANplpg BMI

Program pembelajaran yang akan disampaikan, disesuaikan menurut tingkat dan kemampuan siswanya. Program pembelajaran tersebut antara lain meliputi;

 

 

  1. Pemberian materi tentang manfaat Senam Yama Indonesia.
  2. Pemberian materi praktek gerakan Senam Yama Indonesia.
  3. Pengujian penguasaan materi yang telah disampaikan, baik teori atau praktek.

PROGRAM PENGAJARAN

Program pengajaran yang disampaikan kepada siswa adalah berupa pokok bahasan-pokok bahasan mengenai Senam Yama Indonesia yang disesuaikan dengan tingkat pendidikannya. Pendistribusian pokok bahasan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK

No.

Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

TK SD SMP SMA/SMK
1. Sejarah Senam Yama Indonesia
2. Pengertian dan Tujuan Senam Yama Indonesia
3. Hubungan Senam Yama Indonesia dengan :a.  Seni Budaya
b.  Pencak Silat
c.  Olahraga
4. Pembinaan Mental
5. Pembinaan Fisik
6. Gerakan Dasar
7. Gerakan Pengobatan
8. Penguasaan Teknik
9. Prinsip dan Fungsi SYI
10. Budi Pekerti Luhur
11. Penghayatan Falsafah SYI
12. Pembinaan Rasa/Jiwa Persatuan dan Kesatuan
13. Pengembangan Tenggang Rasa
14. Pemupukan Pengembangan Rasa Sosial
15. Pemupukan Iman dan Taqwa kepada Tuhan YME
16. Pemupukan Rasa Tanggungjawab
17. Dorongan untuk Berpartisipasi

Tingkat Perguruan Tinggi (Jurusan Penjaskes)

Program pengajaran yang disampaikan kepada mahasiswa pokok bahasannya sama seperti yang diberikan kepada siswa di tingkat TK sampai dengan tingkat SMA/SMK, namun materi pembelajarannya lebih ditekankan lagi terhadap pengkajian gerakan-gerakan Senam Yama Indonesia baik secara teori atau praktek, sehingga para mahasiswa dapat lebih mengerti dan memahami akan guna dan manfaat dari Senam Yama Indonesia baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain bahkan untuk lingkungan alam sekitarnya.

  1. Program Pengajaran untuk Tingkat TK

1.1.TK Kelas 0 Kecil

1.2.TK Kelas 0 Besar

  1. Program Pengajaran untuk Tingkat SD

2.1.SD Kelas 1 dan 2

2.2.SD Kelas 3 dan 4

2.3.SD Kelas 5 dan 6

Program Pengajaran untuk Tingkat SMP

3.1.SMP Kelas 7

3.1.1.      Semester 1

3.1.2.    Semester 2

3.2.SMP Kelas 8

3.2.1.      Semester 1

3.2.2.    Semester 2

3.3.SMP Kelas 9

3.3.1.      Semester 1

3.3.2.    Semester 2

Program Pengajaran untuk Tingkat SMA/SMK

4.1.SMA/SMK Kelas 10

4.1.1.      Semester 1

4.1.2.       Semester 2

4.2.SMA/SMK Kelas 11

4.2.1.      Semester 1

4.2.2.       Semester 2

4.3.SMA/SMK Kelas 12

4.3.1.      Semester 1

4.3.2.       Semester 2

Program Pengajaran untuk Tingkat Perguruan Tinggi (Jurusan Penjaskes)

5.1.Semester 1

5.2.Semester 2

5.3.Semester 3

5.4.Semester 4

5.5.Semester 5

5.6.Semester 6

5.7.Semester 7

5.8.Semester 8

Leave a comment